Kamis, 20 September 2012

Selamatkan Bahasa Daerah

Oleh : Asep Juanda
          Guru di SMA Darul Falah, Cihampelas, Bandung Barat
          Artikel ini pernah dimuat di rubrik Forum Guru
          Pikiran Rakyat, 30 Agustus 2012

Sebenarnya bahasa daerah dapat dengan mudah dipelajari jika kita menerapkan model pembelajaran bahasa asing ke dalam bahasa daerah tersebut. Demikian tulisan Indriyani Supandi dalam forum guru (Selasa, 28/8).
Tulisan tersebut sangat menarik karena selain menyatakan apresiasi terhadap bahasa daerah, juga mengungkapkan ‘kemalasan” sebagian siswa untuk berbahasa daerah jusru cenderung bangga menggunakan bahasa asing.
Masalah perkembangan dan pelestarian bahasa daerah bukan hanya tanggung jawab guru. Pemerintah pusat dan pemerintah daerah mepunyai tanggung jawab yang sama, sehingga mengeluarkan undang-undang tentang kebahasaan. Di antaranya dengan adanya UU No. 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan lambing Negara, serta lagu kebangsaan, Perda Jabar No. 5/2003 tentang pemeliharaan Bahasa, Sastra, dan Aksara Daerah, dan baru-baru ini muncul Perda Pemkot Bandung tentang Penggunaan, Pemeliharaan, dan Pengembangan Bahasa, Sastra, dan Aksara Daerah.
Hanya keempat elemen tersebut tampak berjalan masing-masing. Guru mengajar di sekolah, mentransfer ilmu dan melatih kemahiran siswa dalam berbahasa daerah. Yang seyogyanya dilanjutkan adanya perhatian yang terfokus pada guru bahasa daerah yang merupakan ujung tombak di lapangan.
Di antaranya, pertama, memberi berbagai pelatihan kepada guru bahasa daerah agar lebih terampil dalam mengajar, tepat sasaran dalam mengajarkan ilmunya, dan memperbaharui metode dan model pembelajaran bahasa daerah.
Kedua, menambah jam pelajaran karena materi, beban mental, dan tantangan untuk nanjeurkeun bahasa daerah begitu besar. Diakui atau tidak, berbagai penelitian ilmiah menunjukkan tengah terjadi degradasi penutur murni bahasa daerah. Tidak sedikit orang daerah asli yang masih merasa asingterhadap kosakata bahasa daerah buhun dan arkais. Untuk itu tidak menutup kemungkinan diadakan kursus bahasa daerah bagi orang daerah atau siswa.
Menempatkan profesionalisme keguruan mata pelajaran bahasa daerah. Sementara ini masih banyak guru nonbahasa daerah yang mengajar bahasa daerah karena lulusan guru dari jurusan bahasa daerah sangat jarang.
Keempat, di beberapa sekolah swasta dan tidak menutup kemungkinan di sebagian sekolah negeri, ada yang meniadakan mata pelajaran bahasa daerah (Sunda). Untuk itu pihak terkai agar memantau dan membenahi keberadaa pelajaran bahasa tersebut di setiap jenjang pendidikan.
Kelima, pemkot ataupun pemkab tidak setengah-setengah mendukung keberlangsungan bahasa daerah. Diperlukan tidak saja dukungan moril, tetapi adanya gerakan nyata dan bantuan dana untuk pemeliharaan, pembinaan, dan pengembangan bahasa daerah.
Harus bergandengan tangan, bahu-membahu, dan saling mendukung terhadap usaha mempertahankan dan mengembangkan bahasa daerah ini. Dengan demikian, kekhawatiran bahasa daerah akan tergerus oleh bahasa asing sedikit demi sedikit akan berubah, bahasa daerah dapat menjadi “tuan rumah yangbaik” dan dapat mempertahankan posisi di daerahnya.

1 komentar:

  1. ♥♦♣♠ PELANGI QQ ♠♣♦♥
    Mari Bergabung bersama kami di Pelangi Q Q (,) me
    Situs Impian Para pecinta dan peminat Taruhan Online!!
    Segera Daftarkan diri Anda di PelangiQQ dan dapatkan Bonus yang sudah tersedia. Agen Poker Online Terpercaya dan Terbesar di Indonesia yang menggunakan Uang Asli.
    MINIMAL DEPOSIT & WITHDRAW Rp 25.000
    PelangiQQ Menyediakan 8 Permainan yang bisa di mainkan hanya dengan 1 User ID,yaitu:
    * Bandar66 (NEW GAME)
    * SAKONG
    * Poker
    * Domino99
    * Capsa susun
    * AduQ
    * BandarQ
    * Bandar Poker
    Keunggulan PELANGI Q Q :
    - PROSES DEPO & WD MUDAH TANPA RIBET
    - PROSES DEPO & WD TERCEPAT
    - KARTU-KARTU BERKUALITAS DISAJIKAN
    - CS RAMAH & INSPIRATIF SIAP MEMBANTU 24JAM
    - TIPS & TRIK MENJADI KEUNGGULAN SITUS INI
    - DAN TENTUNYA DEPOSIT YG TERJANGKAU BOS!!(MINIMAL DEPO & WD 25RB)
    Nikmati juga HOT PROMO bersama kami:
    * BONUS TURNOVER 0.3% (DIBAGIKAN SETIAP 5 Hari 1x)
    * BONUS REFERRAL 15% (SEUMUR HIDUP)
    Tunggu apalagi bos!! langsung daftarkan diri anda di PELANGI Q Q
    Bagaimana cara mendaftar? SIMPEL bos!!
    cukup kunjungi kami PELANGI Q Q
    klik daftar dan daftarkan diri anda
    atau bisa juga hubungi kami melalui LiveChat dan BBM yang akan melayani Anda 24 jam nonstop.
    - SKYPE : PELANGIQQ
    - LINE : PELANGIQQ
    - FACEBOOK : PokerPelangiReborn
    - PIN BB : E37271BF
    - WhatssApp : 6281231804952
    Salam Sukses & Hoki
    PELANGIQQ

    BalasHapus

Bagaimana komentar anda tentang artikel ini