Rabu, 25 April 2012

Tips Antigalau Menghadapi Ujian Nasional

Oleh : Mohammad Cahya
          Anggota Asosiasi Guru Penulis PGRI Jawa Barat
          Artikel ini pernah dimuat di rubrik Forum Guru
          Koran Pikiran Rakyat, Senin 23 April 2012
 

Bagi para siswa SMP/MTs, Ujian Nasional (UN), yang diselenggarakan sekolah atas dasarperaturan menteri sekaligus dinilai pemerintah, masih merupakan hal yang menakutkan. Dari limakali hajatan UN (2007, 2008, 2009, 2010, 2011), soal-soal yang keluar tidak bertumpu pada kompetensi siswa, tetapi bertumpu pada kompetensi kalangan pembuat soal (soal terlalu panjang, kalimat soal banyak menggunakan istilah asing, opsi jawaban sangat homogen).
Ditambah dengan banyaknya kabar tentang bocoran kunci jawaban lewat SMS, seperti saat berlangsungnya UN SMA/SMK/MA, membuat siswa SMP/MTs. Menjadi galau. Bagaimana cara mengatasi kegalauan ini? Ada empat obat yang bisa dijadikan sebagai solusi dari kegalauan siswa. Yaitu, percaya diri, percaya SKL UN, percaya try out, dan percaya pembahasan try out.
Pelaksanaan UN 2012 memang tinggal hitungan jam. Meskipun demikian, masih ada waktu yang dapat disiasati siswa untuk meraih sukses UN 2012 . Dua referensi berikut, rasanya dapat dijadikan motivasi bagi siswa untuk bersikap percaya diri. Pertama, referensi Piaget. Menurut kategori Piaget (1970) siswa setingkat SLTP merupakan period of formal operation. Artinya, siswa SMP/MTs. Mengalami perkembangan kemampuan berpikir symbol dan bisa memahami suatu hal secara bermakna tanpa memerlukan objek yang bersifat konkret.
Kedua, referensi Gardner. Gardner (1993)  mengatakan, pada perkembangan pola piker siswa SMP/MTs., berkembang tujuh kecerdasan linguistic, logis-matematis, musical, spasial, kinestik-ragawi, intra-pribadi, antar pribadi. Dari dua referensi itu, jelas tergambar bahwa siswa SMP/MTs. Telah diberi potensi kecerdasan oleh Tuhan untuk menjawab semua tantangan zaman, termasuk menjawab (100 persen benar) soal-soal yang diujikan dalam UN.
Standar kompetensi lulusan (SKL) adalah materi pelajaran yang akan keluar menjadi soal UN. Sesuai dengan amanat Permendikbud No. 59 Tahun 2011, pemerintah berkewajiban menyosialisasikan SKL UN ke seluruh sekolah yang ada di Indonesia. Dengan demikian, penulis yakin bahwa SKL UN 2012 telah sampai kepada siswa. Dan yakin pula, siswa telah mempunyai bekal pengetahuan untuk membaca sekaligus menjawab soal-soal bermuatan SKL UN yang mengarah pada upaya pencapaian sukses UN 2012.
Salah satu fasilitas yang diberikan pihak sekolah kepada siswa dan wajib diikuti siswa adalah try out. Sekolah memberikan soal-soal yang materinya sesuai SKL UN dengan jumlah soal dan waktu yang sama dengan UN sebenarnya, serta ditunjang oleh pengawas profesional. Dengan percaya try out, siswa pasti mempunyai bekal pengetahuan untuk menjawab soal-soal UN secara tepat.
Di samping itu, sekolah pun membahas soal-soal yang diujikan dalam try out. Dengan percaya membahas try out, penulis yakin bahwa siswa akan sigapmenjawab soal-soal yang diujikan dalam UN.
Penulis ingin menyampaikan enam tips dalam menjawab soal yaitu: baca kalimat soal, tentukan kata kunci soal, baca dan pahami ilustrasi soal, temukan jawaban-jawaban yang salah, temtukan jawaban yang tepat, dan hitamkan lingkaran jawaban yang tepat di LJK.
Sebagai penutup, penulis berharap agar keempat obat antigalau itu dapat melekat kuat dalam diri siswa, sehingga UN 2012 berjalan lancer dan dengan hasil yang gemilang. Selamat berjuang kepada seluruh anak bangsa yang peduli terhadap pendidikan di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana komentar anda tentang artikel ini